Pemanfaatan Instagram Ads sebagai Media Promosi Usaha Khasanah Edutoys

Pemanfaatan Instagram Ads sebagai Media Promosi Usaha Khasanah Edutoys

Authors

  • Andriyan Dwi Putra Universitas Amikom Yogyakarta
  • Akhmad Dahlan Universitas Amikom Yogyakarta

Keywords:

Promosi, Instagram, Ads

Abstract

Khasanah Edutoys berdiri sejak 2012 di Sleman, Yogyakarta merupakan UMKM penyedia permainan edukasi anak-anak. Media penjualan menggunakan marketplace dan penyampaian informasi menggunakan whatsapp, sehingga belum optimal karena belum banyak yang melakukan pemesanan. Hal ini membuat perusahaan belum begitu massive mempromosikan produknya. Pemanfaatan media sosial Instagram dirasa perlu untuk menutupi kekurangan tersebut. Fitur bisnis di Instagram terutama Instagram ads menjadi andalan bagi penggunanya karena dipermudah ketika melakukan promosi penjualan usahanya. Dengan adanya Instagram bisnis dan ads, khasanah edutoys dapat mengambil manfaat dari fitur tersebut. Sehingga akan memperluas jangkauan dari promosi yang dilakukan. Tidak hanya itu, traffic pengunjung juga akan naik. Penggunaan Instagram bisnis dan ads membutuhkan pendampingan dan pelatihan, karena tidak semua pengguna paham akan fitur tersebut. Implementasi strategi juga perlu disesuaikan mengingat segmentasi pasar yang ditentukan, yaitu orangtua yang memiliki anak usia dini. Dengan strategi yang sesuai, seperti target pasar, umur, lokasi, maka iklan akan tepat pada sasaran. Hasil implementasi ads yang sesuai akan menaikkan jumlah pengunjung khasanah edutoys, dan akan berimbas pada penjualan produk khasanah edutoys. Dari hasil pelatihan yang dilakukan selama 3 bulan memberikan dampak yang bagus, yaitu naiknya jangkauan pengunjung sebesar 87% dan penambahan follower sebesar 3.363 user.

Downloads

Published

2022-09-11
Loading...