Optimalisasi Media Interaktif Sejarah Indonesia untuk Menunjang Pembelajaran di Sekolah Dasar
Keywords:
Multimedia Interaktif, Video Animasi, Media Pembelajaran SejarahAbstract
Seiring waktu berjalan perkembangan produk teknologi informasi di dunia pendidikan berkembangan sangat cepat, tetapi pemanfaatnya masih tergolong sedikit. Peran media pembelajaran dalam pendidikan menjadi sangat variatif dan efektif untuk membantu peserta didik dalam belajar serta guru dalam menyampaikan materi. Produk media pembelajaran tersebut diantaranya melalui animasi dua dimensi berbasis multimedia. Pembelajaran materi sejarah Indonesia dengan dipadukan dengan animasi dua dimensi diharapkan dapat menunjang pencapaian tujuan pembelajaran seperti disampaikan diatas. Mitra kegiatan ini yaitu SD Negeri Bumijo Yogyakarta. Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat ini berupa pelatihan pengenalan multimedia dan pengembangan video pembelajaran tentang pelajaran sejarah Indonesia terutama di kelas lima Sekolah Dasar. Berdasarkan tingkat kelayakan hasil validasi ahli media dan ahli pembelajaran berturut-turut dengan hasil persentase 82.6% dan 85%. Dengan demikian media ini layak digunakan sebagai media pembelajaran materi sejarah Indonesia saat penjajahan Belanda sehingga selain menunjang peserta didik dalam memahami materi sejarah juga membantu guru dalam proses belajar mengajar menggunakan media pembelajaran menjadi lebih interaktif dan optimal.