Workshop PKM Perhitungan Hubungan dan Nilai Moneter Konsumen

Workshop PKM Perhitungan Hubungan dan Nilai Moneter Konsumen

Authors

  • irawan wingdes stmik pontianak
  • Vianny
  • Taufik Alwan

Keywords:

Pengabdian Masyarakat, CRM, Nilai Moneter Konsumen

Abstract

Sumber daya perusahaan selalu terbatas sehingga diperlukan alokasi yang rinci. Salah satu upaya alokasi tersebut dapat dilakukan dengan konsep CRM dimana nilai moneter dari konsumen dapat diperhitungkan untuk mengevaluasi potensi maupun keberhasilan dari strategi yang digunakan untuk usaha. Bagi lulusan SMK yang tidak melanjutkan pendidikan, memulai usaha mandiri dapat menjadi salah satu solusi. Namun, keterbatasan sumber daya mengharuskan perencanaan matang agar alokasi dapat dilakukan secara optimal. Oleh karena itu, kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan untuk membekali siswa SMK kelas 12 pada sekolah LKIA untuk dapat mengaplikasikan bagian konsep CRM dengan menghitung nilai moneter konsumen yang akhirnya dapat digunakan untuk mengambil keputusan dalam usaha. Kegiatan dilakukan dengan metode workshop, diskusi dan simulasi dan dihadiri oleh 16 peserta. Hasil pengabdian tercapai dimana terdapat perbedaan pemahaman akan perhitungan nilai moneter konsumen sebelum dan setelah aktivitas dilakukan dengan pengujian ANOVA. Sebanyak 18,75 persen peserta memahami dengan baik (nilai rerata lebih dari 7), 37,5 persen memahami tetapi belum mantap (nilai rerata mendekati 5 hingga 7), dan 43,75 persen masih memerlukan pengulangan materi (nilai rerata 4 hingga 5) signifikan berbeda statistis dibanding hasil pretest dengan nilai rerata 1 hingga 2 pada skala 1 - 9.

Downloads

Published

2022-09-11
Loading...