Perancangan User Interface Prototype E-Katalog Produk UMKM di Banyuwangi Berbasis Mobile
Keywords:
User Interface, E-katalog produk, Design ThinkingAbstract
Sesuai dengan namanya e-katalog tidak disajikan secara cetak pada suatu media melainkan ditampilkan melalui media elektronik. Manfaat dari e-katalog produk salah satunya adalah sebagai media promosi atau memberikan informasi kepada masyarakat luas mengenai barang-barang yang dijual oleh suatu perusahaan ataupun UMKM. Rancangan User Interface dari E-katalog produk harus sesuai dengan kebutuhan pengguna. Proses merancang user interface e-katalog produk berbasis mobile ini menggunakan metode Design Thinking. Metode ini dipilih karena menggunakan pendekatan solusi praktis dan kreatif, penekanannya di fokuskan kepada pengguna yaitu dalam hal ini adalah pelaku UMKM. Dari 5 (lima) tahapan Design Thinking yang akan dilakukan yaitu Empathize, Define, Ideate, Prototype dan Test yang akan dilakukan nantinya diharapkan bisa lebih mendekatkan pemahaman tentang kebutuhan pengguna dan diharapkan dapat menghasilkan prototype aplikasi website katalog produk UMKM yang solutif dan efektif dengan memahami kebutuhan pengalaman pengguna pelaku UMKM yang ada di Kabupaten Banyuwangi.