Analisis QoS (Quality of Service) Jaringan Internet Kampus STMIK Pontianak
QoS (Quality of Service) Analysis of the Internet Network of Campus STMIK Pontianak
Keywords:
Quality of Service (QoS), delay, jitter, throughput, packet lossAbstract
Abstrak
Dunia pendidikan, pemanfaatan jaringan internet sebagai media yang sangat penting akan digunakan, pengajar, siswa dalam melakukan pembelajaran berbasis online. jaringan yang baik harus memperhitungkan kualitas layanan yang akan diakses oleh pengguna. Quality of Service (QoS) adalah teknik untuk mengetahui seberapa baik suatu jaringan menurut standart THIPON. STMIK Pontianak stmik pontianak dibagi mejadi 3 buah jaringan nirkabel, struktural sebesar 10 Mbps, untuk jaringan dosen/staff dialokasikan sebesar 5 Mbps sedangkan untuk mahasiswa dialokasikan 2 Mbps. STMIK Pontianak menyediakan jaringan nirkabel untuk diakses oleh struktural,dosen/staff dan mahasiswa. Oleh Karena itu butuh analisis seberapa baik kualitas jaringan internet STMIK Pontianak. Hasil Rekapitulasi pengukuran nilai Quality of Service (QoS) jaringan Struktural, Dosen/staff dan Mahasiswa berdasarkan standar THIPON mendapatkan hasil 3,75 yaitu kategori “memuaskan”.
Kata Kunci : Quality of Service (QoS), delay, jitter, throughput, packet loss