AR, MDLC Perancangan Media Pembelajaran Dengan Menerapkan Augmented Reality Dan Metode Multimedia Model Life Cycle Pada Jurusan Multimedia: Perancangan Media Pembelajaran Dengan Metode AR Dan MSLC

AR, MDLC Perancangan Media Pembelajaran Dengan Menerapkan Augmented Reality Dan Metode Multimedia Model Life Cycle Pada Jurusan Multimedia

Perancangan Media Pembelajaran Dengan Metode AR Dan MSLC

Authors

  • Solehatin STIKOM PGRI Banyuwangi

Keywords:

Media, Pembelajaran, MDLC

Abstract

Semakin maraknya pembuatan media pembelajaran di dunia pedidikan dengan memanfaatkan tekonogi informasi dan seiring dengan kemajuan IPTEK. Maka pembaharuan model pembelajaran ke dalam media pembelajaran multimedia secara visual yang dapat memberikan cara pembelajaran multimedia yang lebih menarik dan menyenangkan [1]. Dimana proses pembelajaran multimedia yang menyajikan gambar sebenarnya tanpa memegang dan melihat bendanya secara nyata. Dengan adanya aplikasi visual dapat mewakilkan benda aslinya sehingga dapat membantu siswa untuk berimplementasi secara langsung dengan benda yang dipelajari tanpa harus bersentuhan dengan peralatannya. Sehingga untuk mewujudkan perancangan media pembelajaran berbasis multimedia  dan mengevaluasi penggunaan aplikasi pada penggunaan elemen multimedia pada media pembelajaran jurusan Multimedia. Maka pada penelitian dengan menggunakan metode Pengembangan Multimedia Model Life Cycle (MDLC) [2] yang digunakan untuk mengembangkan media pembelajaran Menerapkan metode Augmented Reality (AR) ke dalam sebuah aplikasi media pembelajaran multimedia sehingga bisa menghasilkan media pembelajaran yang sesuai dengan tampilan sebenarnya dari peralatan multimedia yang dipelajari. Aplikasi media pembelajaran multimedia yang dihasilkan dapat digunakan untuk siswa jurusan Multimedia di SMK Negeri 1 Banyuwangi. Aplikasi media pembelajaran diharapkan dapat mengurangi penggunaan secara langsung sehingga mengurangi kemungkinan adanya kerusakan peralatan multimedia

Downloads

Published

2022-09-11
Loading...