Strategi Pemasaran pada Online Marketplace sebagai Media promosi Produk
Keywords:
Strategi Pemasaran, Online Marketplace, Media Promosi produk, Regresi BergandaAbstract
Penelitian menjelaskan pengaruh parsial variabel bebas segmen pasar, target pasar dan posisi pasar terhadap pemilihan online marketplace sebagai media promosi produk pada pelaku bisnis yang minimal satu tahun telah menjalankan proses bisnis dan memasarkan produknya melalui online marketplace. Kondisi ini memberikan gambaran apakah pelaku bisnis dengan cermat melakukan strategi pemasaran ketika akan memilih media promosi yang memiliki popularitas tersendiri. Metode penelitian secara kuantitatif dalam model regresi linier berganda dan aplikasi uji penelitian dilakukan memakai SPSS versi 23.0. Regresi linier berganda memiliki nilai uji validitas dan reliabilitas serta uji asumsi klasik dengan standar lima uji untuk memberikan kelayakan dalam instrument penelitian. Hasil pengujian pada validitas dinyatakan pada angka 0.411 dan reliabilitas berada pada angka 0.601, kedua nilai hasil uji dinyatakan valid dan handal. Nilai uji secara parsial masing-masing variabel bebas berkontribusi positif terhadap variabel terikat. Pada uji simultan diperoleh nilai 37.8% variabel bebas mempengaruhi pemilihan online marketplace sebagai media promosi produk. Kondisi nyata memberikan gambaran bahwa masih banyak faktor lain yang menjadi standar penilaian pelaku bisnis dalam memilih media promosi produk diluar dari faktor yang dilakukan dalam penelitian.