Analisis Kesadaran Merek dan Pengembangan Corporate Identity pada Bintang Beach Club Dive & Water Sport
Keywords:
Brand Awareness, Watersport, Kesadaran Merek, Corporate Identity, Bintang Beach Club Dive & Water SportAbstract
Bintang Beach Club Dive & Water Sport merupakan salah satu penyedia watersport di Tanjung Benoa, Bali yang terkena dampak pandemi COVID-19 dan mengakibatkan perusahaan tutup sementara pada tahun 2020. Hal ini dapat berpengaruh pada citra dan posisi perusahaan di pasar pada situasi yang kurang menguntungkan. Oleh karena itu, pada penelitian ini dilakukan analisis tingkat kesadaran merek terhadap perusahaan menggunakan metode analisis kualitatif statistik deskriptif yang disertai dengan penentuan data berdasarkan wawancara dan kuesioner untuk mengetahui tingkat kesadaran merek perusahaan. Hasil analisis menunjukkan tingkat Top of Mind dengan mayoritas informasi didapatkan melalui agen wisata (42%) dan hasil tersebut menjadi acuan dalam pengembangan corporate identity. Berdasarkan hasil implementasi corporate identity yang terdiri dari brand book, video company profile, dan website, telah berjalan sesuai harapan, yang diketahui dari hasil pengujian Black Box Testing dan Evaluasi Heuristik secara fungsional dan memenuhi 10 standar penilaian. Kemudian, hasil kuesioner menunjukkan nilai persentase sebesar 92% dari total nilai rata-rata sebesar 4,645 (4,6) yang menyatakan implementasi tersebut ‘sangat baik’ dari 50 responden. Kemudian pemaksimalan eksistensi merek perusahaan secara digital dilakukan melalui penerapan Search Engine Optimization (SEO) dengan pengoptimalan relevansi website di mesin pencarian dan telah menunjukkan hasil yang baik, karena berada di peringkat teratas pada kueri ‘bintang watersport’.