Game Helpman Adventure Sebagai Media Pembelajaran Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan Menggunakan Construct 2

Game Helpman Adventure Sebagai Media Pembelajaran Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan Menggunakan Construct 2

Authors

  • I Made Yoga Adi Kusuma
  • I Putu Gede Abdi Sudiatmika
  • Komang Hari Santhi

Keywords:

Construct 2, Game Helpman Adventure, Media Pembelajaran, Pertolongan Pertama

Abstract

Kondisi kegawatdaruratan dapat terjadi dimana dan kapan saja, bahkan wilayah yang sulit dijangkau oleh petugas kesehatan. Pertolongan pertama pada korban harus diberikan secara cepat dan tepat untuk mencegah cacat hingga kematian. Saat ini, peran games yang awalnya diciptakan untuk menghilangkan rasa bosan telah berkembang menjadi sebuah media pembelajaran. Maka penting dibuat game edukasi pertolongan pertama pada kecelakaan berbasis android agar pengetahuan anak-anak dan masyarakat tentang pertolongan pertama pada kecelakaan semakin baik. Penelitian ini menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle yang terdiri dari 6 tahapan dengan desain sistem yang terfokus pada pembuatan prangkat lunak termasuk struktur data, arsitektur perangkat lunak, representasi antarmuka dan proses pengkodean. Tujuan dalam penelitian ini yaitu membangun sebuah game edukasi pertolongan pertama pada kecelakaan berbasis android yang memberikan edukasi sambil bermain dan dapat diakses melalui smartphone. Pembuatan game edukasi menggunakan construct 2 menjadi lebih mudah karena memiliki tools yang khusus dirancang untuk pembuatan game. Berdasarkan pengujian fungsional perangkat lunak didapatkan hasil sangat baik dan nilai rata-rata perhitungan kuesioner Game Helpman Adventure adalah 3,2 yang besaran interval nilai berpredikat baik. Maka dari itu Game Helpman Adventure layak untuk digunakan untuk membantu mengedukasi masyarakat.

Downloads

Published

2022-09-11
Loading...