Analisis Sosial Media Layanan Provider Internet Menggunakan Algoritma XGBOOST
Keywords:
Analisis sentimen, Twitter, TF-IDF, XGBoost, Penyedia Layanan InternetAbstract
Pada era revolusi industri 4.0 ini, internet telah berkembang menjadi hal vital yang berpengaruh pada aktivitas masyarakat baik dari segi sosial maupun ekonomi. Salah satu efek dari berkembangnya internet di Indonesia dilihat dari meningkatnya jumlah pengguna media sosial yang menjadi salah satu penggunaan internet terbesar. Perancangan sistem analisis media sosial ini dimaksudkan untuk melakukan proses analisis sentimen pelanggan dengan menggunakan media sosial sebagai platform bagi pelanggan untuk memberi komentar baik berupa pujian maupun keluhan dalam bentuk unggahan. Analisis media sosial dilakukan untuk mendapatkan bagaimana pendapat ataupun pandangan dari pelanggan terhadap perusahaan-perusahaan penyedia layanan internet. Mesin analisis sentimen memanfaatkan media sosial sebagai sarana pelanggan dalam menyampaikan pendapat, sehingga didapatkan nilai sentimen perusahaan ataupun penyedia layanan internet tersebut dari unggahan-unggahan pelanggan yang berbasis teks. Pengumpulan data dibantu dengan menggunakan API yang telah disediakan oleh Twitter untuk menggambil data tweet, yang selanjutnya dilakukan proses pra-pemrosesan. Sebelum memasuki proses klasifikasi, data diubah menjadi bentuk vektor dengan menggunakan TF-IDF untuk memberi nilai bobot pada masing-masing kata. Selanjutnya data yang sudah berbentuk vektor digunakan untuk melakukan perhitungan algoritma XGBoost. Dari hasil pengujian, didapatkan nilai akurasi sebesar 80%, nilai presisi sebesar 81%, nilai recall sebesar 80% dan nilai F1 Score sebesar 79%.