Pemodelan Bisnis Online UMKM Makanan Menggunakan Business Model Canvas
Keywords:
Business Model Canvas, Media Sosial, UMKM, Strategi Bisnis OnlineAbstract
Persaingan UMKM di bidang kuliner memaksa pelaku bisnis untuk berinovasi agar dapat memaksimalkan keuntungan dan bertahan. Penelitian ini mengambil kasus dari UMKM richsoul.ptk yang bertujuan untuk memperbaiki model bisnis saat ini agar dapat mengoptimalkan penggunaan media sosial untuk membantu mengidentifikasikan strategi bisnis dimasa yang akan datang. Penelitian menggunakan pendekatan research and development, dengan melakukan studi pendahuluan melalui pengumpulan data dari richsoul.ptk, kemudian dianalisa dan diidentifikasikan model bisnisnya dengan menggunakan Business Model Canvas yang memilki sembilan elemen strategis. Identifikasi model bisnis saat ini menghasilkan sebuah rumusan strategi baru yang dapat digunakan oleh richsoul.ptk untuk melakukan pengembangan bisnis. Strategi yang di rekomendasikan berfokus pada strategis optimasi penggunaan media sosial sebagai platform utama yang digunakan richsoul.ptk untuk menjual produknya yang meliputi pembuatan konten instagram, konsistensi dalam melakukan upload konten tersebut, optimasi profil perusahaan, penggunaan tools untuk membantu optimasi akun, strategi closing dengan whatsApp, serta strategi untuk mempertahankan loyalitas pelanggan.