Pengaruh Pemanfaatan, Kegunaan Penggunaan QRIS Terhadap Kepuasan Customer UMKM di Kota Pontianak: Pengaruh Pemanfaatan, Kegunaan Penggunaan QRIS Terhadap Kepuasan Customer UMKM di Kota Pontianak

Pengaruh Pemanfaatan, Kegunaan Penggunaan QRIS Terhadap Kepuasan Customer UMKM di Kota Pontianak

Pengaruh Pemanfaatan, Kegunaan Penggunaan QRIS Terhadap Kepuasan Customer UMKM di Kota Pontianak

Authors

  • Rendy Rendy Amy Saputra STMIK Pontianak

Abstract

Tujuan penelitian ini dilakukan dengan maksud untuk mengetahui dan memeriksa hasil bagimana efektivitas penerapan pemanfaatan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) di Kota Pontianak khususnya bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Metode penelitian yang digunakan dalam studi kasus ini adalah dengan menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif karena penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai penerapan QR Code. Adapun populasi dari penelitian ini semua masyarakat yang ada di Kota Pontianak dan hanya diambil 100 orang responden dengan pengambilan sampel menggunakan metode probability sampling dengan teknik sampel random sampling sehingga jumlah sampel hanya diambil sebanyak 100 responden. Teknin pengumpulan data menggunakan kuisioner dan observasi.

Teknik analisis data menggunakan uji instrument penelitian dengan uji kualitas data (validitas, reliabilitas), uji asumsi klasik (normalitas,), determinasi, regresi linear berganda serta uji hipotesis uji t, dan uji-F. Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa terdapat pengaruh positif antara pemanfaatan, kegunaan QRIS terhadap kepuasan customer UMKM di Kota Pontianak.

 

Kata kunci: Quick Response Code Indonesian Standard, UMKM, Kepuasan.

Downloads

Published

2022-09-11
Loading...